Wednesday, April 2, 2014

Reportase Kunjungan Ke Botani Square


Gambar 1.1


I. Penjual / Karyawan

Gambar 1.2
Nama: Dyah Prasmurti
Umur: 27 tahun 
Pekerjaan: Kasir
Prinsip hidup: Kerja keras akan selalu membuahkan hasil meski terasa berat.
Nilai keagamaan: Meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT
Pengalaman baik: Menemukan kolega seperjuangan yang selalu saling bantu.
Pengalaman buruk: Pernah terpaksa harus mengganti uang kasir yang minus Rp 200.000,00

Gambar 1.3
Nama: Kevin Pertadima dan Michelle Oktarina
Pekerjaan: Barista
Nilai hidup: Keberanian, kejujuran, dan rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan adalah kunci menuju hidup yang bahagia.
Nilai keagamaan: Selalu mensyukuri kenikmatan yang diberi Allawh SWT
Pengalaman baik: Beberapak kali melayani artis idola mereka yang datang ke kafe
Pengalaman buruk: Pernah beberapa kali menumpahkan susu ke meja counter dan terpaksa harus berkali kali melapnya sampai bersih.

Gambar 1.4
Nama: Irfan Ramadhan (yang paling kiri)
Pekerjaan: Book keeper
Nilai hidup: Suatu tujuan tak akan pernah tercapai jika tidak berani berambisi dan melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Meski sering dicemooh orang, yang menurutnya penting adalah kemashuran yang dirasakan diri pribadi.
Pengalaman baik: Selama bekerja, dia bisa menikmati buku-buku dengan gratis. Sehingga bisa menambah wawasannya. Hal tersebut juga membantunya menjadi pengajar Ekonomi di sebuah bimbingan belajar.
Pengalaman buruk: Pernah terpaksa harus lembur semalam suntuk untuk menyiapkan peluncuran buku terbaru dari J.K Rowling tapi hanya digaji normal.


Kesimpulan: Para karyawan di Botani Square adalah orang-orang yang penuh semangat dan dedikasi dalam pekerjaannya. Meski sering mereka menghadapi berbagai masalah, namun prinsip hidup mereja selalu membantu mereka untuk bertahan dan melalui masalah tersebut.



II. Pengunjung
Gambar 2.1
Nama: Ara, Abi, Dea, Defrina, Pandu, dan Siska.
Umur: 15-16 tahun
Alasan kedatangan: Mengunjungi Fun World kemudia nonton di XXI
Hal yang disukai dari mall ini: Letaknya dekat dengan sekolah. Jadi setelah penat belajar kami bisa bersenang-senang di sini
Frekuensi kedatangan: sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

Gambar 2.2
Nama: Kinanda Putri
Umur: 19 tahun
Alasan kedatangan: Bertemu dengan beberpa teman SMA di J.Co
Hal yang disukai dari mall ini: Mallnya besar dan lengkap. Letaknya juga strategis dan transportasinya mudah karena ada di tengah kota Bogor.
Frekuensi kedatangan: sekitar 1x seminggu

Gambar 2.3
Nama: Bara Cornelius
Umur: 38 tahun
Alasan kedatangan: Belanja bulanan keperluan keluarga di Giant bersama anak dan istri
Hal yang disukai dari mall ini: Enak untuk belanja dan makan makan bersama keluarga. Produk yang dijual di Giant juga bersih dan terjamin kualitasnya.
Frekuensi kedatangan: sekitar 2x sebulan



Kesimpulan: Dari wawancara, saya menarik kesimpulan bahwa para alasan para pengunjung datanga ke mall ini adalah karena wilayahnya yang strategis dan kelengkapan yang ditawarkan mall ini.









4 comments:

  1. Menurut saya materi yang dijelaskan sudah cukup lengkap. Namun, ada baiknya jika dilengkapi dengan gambar-gambar atau tautan referensi sebagai tambahan agar memudahkan pemahaman. Ditambahkan lagi dengan beberapa teori-teori terdahulu sehingga ada kejelasan fakta mengapa masalah yang dianalisis ini bisa terjadi. Nilai 86

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Bagus dan menarik untuk dibaca, pertahankan yaa! :) Nilai :82

    ReplyDelete
  4. Menurut saya, post ini sudah bagus. Dilihat dari data-data yang diambil sudah berupa gambar serta data yang cukup lengkap. Dan sudah dapat menyimpulkan dari data yang ada. Dan apabila saya boleh menambahkan, ada baiknya juga anda bisa menambahkan tujuan/latar belakang mengapa anda memilih tempat tersebut. Tapi selebihnya saudara sudah dapat mencari data dengan baik dan menyimpulkan dengan benar.
    Keep it up! continue the good work!

    ReplyDelete